Mystery of 2012

{ Posted on 9:41 PM by ModernMindSet }
Sudah baca buku “The Mystery of 2012” ? Bagi mereka yang gandrung dengan hal-hal yang bersifat futuristik, yang penasaran tentang apa yang bakal terjadi di masa depan, maka buku ini hanyalah satu judul di antara ratusan buku bertema sama yang saat ini sedang jadi global trend: misteri tahun 2012. Ada apa dengan tahun 2012?..

Tepatnya tanggal 21 Desember 2012, alkisah akan berakhirlah siklus kalender semesta yang dimulai sejak tahun 3114 Sebelum Masehi lampau. Pada tanggal itu nanti, matahari kita berada tepat bersesuaian dengan pusat galaksi kita -Galaksi Bimasakti-…sebuah posisi yang hanya terjadi sekali dalam setiap siklus besar 26.000 tahun! Adalah bangsa Indian Maya, yang ahli dalam ilmu falak dan gerakan benda-benda kosmis, yang pada ribuan tahun lalu sudah memprediksikan titik pertemuan itu. Menurut bangsa Maya, 2012 bukanlah tanda waktu kiamat…tapi justru adalah tanda waktu dari sebuah kelahiran kembali (pada prasasti kuno disimbolkan sebagai kelahiran One Hunahpu…sang Penguasa Matahari Pertama..).

So what?…Tentu ada yang istimewa dengan momen 2012 itu, jika ternyata banyak sekali pakar dari berbagai disiplin ilmu ikutan repot-repot ngomong soal itu. Boleh juga sih untuk tidak percaya dan menganggap hal ini sebagai omong-kosong belaka. Sah-sah saja. Tetapi kenyataan bahwa ada juga ahli astrofisika, pakar astronomi, ilmuwan fisika murni, sosiolog, dokter, ahli genetika, pakar lingkungan, ahli linguistik, para spiritualists, ekonom, agamawan dan para futurolog serta visionaris ikutan ngomong dan nulis tentang ini….tak salah juga jika ada yg percaya bahwa sesuatu yang serius akan terjadi. Yang kita (mungkin) sama-sama sudah pahami, adalah bahwa konstelasi benda-benda langit memiliki efek terhadap perilaku, suasana psikis dan emosi kita. Somehow. Contohnya: konstelasi rasi bintang membantu kita (yang percaya lho) dalam memahami karakter dan kepribadian seseorang yang lahir di masa yang bersesuaian dengan penampakan rasi bintang tersebut. Oo..dia Leo ya?…Oo..pantess..dia kan Gemini… dst..dst..

Demikian pula dengan momentum 2012. Banyak yg percaya, bahwa posisi matahari yang bertepatan dengan titik pusat galaksi BimaSakti akan memberikan efek yang dahsyat. Dan memberikan pengaruh yang meluas dan fundamental dalam berbagai aspek kehidupan manusia di bumi. Inilah beberapa efek 2012 –titik lahirnya kembali era feminin Aquarian- yang dipercaya akan terjadi (setidaknya oleh para pakar kontributor buku tersebut) antara lain:

* Menguatnya kesadaran masyarakat dunia akan hubungan harmonisnya dengan alam dan dengan manusia lainnya di dunia, yang akan membuka jalan bagi persaudaraan universal dan perbaikan lingkungan global.

* Menguatnya spiritualitas, baik di tempat-tempat kerja maupun di lingkungan masyarakat umumnya, yang akan menjadi spirit dalam berbagai transformasi bisnis, ekonomi, dan hubungan internasional yang semakin bersahabat dan hangat.

* Meningkatnya rangsangan kreatif pada level individu maupun level masyarakat, untuk melahirkan pemikiran-pemikiran baru tentang berbagai aspek kehidupan: sosial, budaya, ekonomi, politik sains dan teknologi

* Menguatnya bisnis yang berkesadaran sosial, yang ditandai oleh aktivitas investasi yang mendukung lingkungan (sustainable investment), green economics, CSR dan meningkatnya investasi sosial (socially responsible investing, SRI).

.

Rasanya jam sudah berdetak menghitung mundur ni. Di berbagai belahan dunia, kesadaran akan aktivitas bisnis dan keuangan yang beretika dan sadar lingkungan semakin bermekaran. Investasi yang tidak ramah lingkungan semakin tidak diminati. Eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan juga semakin dibenci. Cara ber-bank yang memanusiakan a la Grameen bank sedang dipuja-puja. Micro finance semakin dirindukan. Transaksi2 finansial yang spekulatif semakin dijauhi (atau setidaknya dibatasi secara sangat ketat).

Virtues-nya bank syariah juga sudah terlihat semakin digandrungi secara global, bahkan oleh negara-negara yang tidak berpenduduk mayoritas muslim. Hampir pasti bukan karena alasan2 keagamaan. Tapi mungkin karena ada “sesuatu” yang baik yang teramati (silakan baca tulisan saya: “Ketika Bule Jatuh Cinta” ). Melihat itu semua…rasanya sah-sah saja untuk merasa optimis bahwa momentum 2012…adalah memang waktunya bagi produk-produk “ethical banking”, “socially responsible investing”, “green banking”, “sustainable investing” untuk semakin diminati…dan siapa tau inilah waktunya juga bagi bank syariah untuk semakin dicintai…

Siapa tahu?……. :)

No Response to "Mystery of 2012"

Post a Comment