Mengubah Pola Makan Tak Sehat di Kantor

{ Posted on 6:15 AM by ModernMindSet }

Waktu produktif kita barangkali lebih banyak dihabiskan di kantor. Di kantorlah kita terkondisi untuk melakukan berbagai gaya hidup tak sehat. Makan siang bersama teman-teman di warung sekitaran kantor yang menunya berkisar ke mie ayam, nasi padang, nasi goreng, sate kambing, atau soto betawi. Sorenya menikmati jajanan yang dibawa teman yang sedang ulang tahun di kantor. Malamnya ngopi-ngopi atau makan-makan lagi di berbagai kafe yang baru bermunculan dengan teman-teman yang lain.

Bila hal ini terus berlangsung, selama bertahun-tahun, bayangkan apa jadinya tubuh kita? Kombinasi antara makanan yang kurang bergizi dan stres yang tinggi membuat kita mengalami kelelahan yang kronis, dan menyimpan berbagai penyakit. Overweight juga salah satunya. Mungkin inilah saatnya Anda harus mengubah pola makan yang lebih sehat. Mulailah dari kantor, tempat Anda mulai berkenalan dengan pola makan yang tidak sehat.

1. Siapkan semangkuk kacang di atas meja. Seperti kita tahu, kacang akan menjadi snack yang sehat. Konsumsi kacang secara rutin akan meningkatkan kesehatan Anda secara dramatis, tak peduli jenis apa pun yang Anda nikmati. Namun, tentu saja perhatikan porsinya. Makan segenggam kacang pukul 15.00-16.00 setiap hari akan mendorong produktivitas kita pada sore hari. Memasukkan kacang ke dalam menu makanan kita yang penuh dengan lemak jenuh akan mengurangi kadar kolesterol hingga 6 persen.

2. Semangkuk buah. Buah dan sayur-sayuran dapat membantu menjaga tubuh lebih fit, lebih sehat, dan lebih bahagia. Mengonsumsi buah-buahan dapat membantu mencegah penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Kita pun mungkin sudah terbiasa makan buah-buahan setelah makan siang di kantor. Namun hal ini ternyata belum cukup, karena idealnya Anda harus makan 3 porsi buah dalam sehari. Untuk memenuhi kebutuhan ini, Anda bisa menyiapkan semangkuk buah di atas meja, dan makanlah setiap beberapa jam. Atau, Anda bisa makan 3-4 buah (utuh) setiap hari.

3. Minum air putih. Orang mungkin sudah mengetahui sejak masih di bangku SD, bahwa kita sebaiknya minum 8 gelas air putih setiap hari. Tetapi kenapa ya, kebiasaan ini tak juga diterapkan hingga saat ini? Rasanya teh, kopi, atau minuman bersoda, jatuh lebih seksi daripada air putih. Untuk mulai membiasakan diri minum air putih sebanyak-banyaknya, siapkan sebotol air di atas meja. Gunanya supaya Anda tidak perlu terlalu sering bolak-balik mengambil air di pantry. Minum sebanyak Anda mampu setiap setengah jam. Hal ini akan menjaga Anda tetap terhidrasi, dan sel-sel tubuh Anda tumbuh dengan baik.

4. Jalan kaki saat akan makan siang. Anda mungkin akan makan siang di mal yang terletak tak jauh dari kantor Anda. Cobalah untuk berjalan kaki, ketimbang menumpang mobil teman. Bukankah di dalam kantor kita sudah duduk berjam-jam? Lakukan hal yang sama saat Anda ingin menuju bank atau minimarket di dekat kantor. Intinya adalah, biarkan tubuh Anda bergerak. Berjalan adalah salah satu latihan paling sederhana dan aman. Selain itu, jalan kaki juga menguatkan tulang, mengontrol berat badan, dan menjaga kondisi jantung dan paru-paru.

5. Kurangi kafein. Banyak dari kita yang merasa tidak dapat berkonsentrasi jika tidak bekerja sambil ditemani secangkir kopi. Namun cobalah untuk mengurangi jumlahnya. Ganti dengan jus atau air putih. Memang akan sulit pada awalnya, tetapi ingatlah bahwa kafein merupakan zat yang adiktif. Kafein bekerja menggunakan mekanisme yang sama seperti amfetamin, kokain, dan heroin, menstimulasi otak. Pengaruh kafein memang lebih ringan daripada ketiga bahan tersebut, namun ia memanipulasi saluran yang sama, yaitu yang memberikan kemampuan adiksi pada kafein. Jika Anda merasa Anda tak dapat bekerja tanpa kopi dan harus mengonsumsinya, itu sudah merupakan tanda bahwa Anda kecanduan kafein.

No Response to "Mengubah Pola Makan Tak Sehat di Kantor"

Post a Comment